Minggu, 17 Juni 2012

Mental dan Prestasi

Definisi mental dalam bahasa adalah suatu hal yg bersangkutan dengan batin dan watak manusia, yg bukan bersifat badan atau tenaga, bukan hanya pembangunan fisik melainkan juga pembangunan jiwa.
Pembentukan mental di dalam seorang individu sangat penting untuk masa depan individu tersebut, karena dengan mental yg dibentuk sejak kecil akan membentuk individu yg kuat dalam bersaing dan akan menghasilkan kesuksesan seperti yg diinginkannya. Seorang individu yg memiliki mental kuat biasanya tidak mudah menyerah, gigih dan sangat tekun dalam mengejar cita-citanya.
Masalah mental cukup serius dialami bangsa ini, misal saja pada olahraga. Olahraga Indonesia memang masih jadi idola atau alternatif hiburan yang merakyat. Namun prestasi yg merupakan puncak sebuah olahraga masih jauh dari harapan. Seperti pada ajang Sea Games, kita memang selalu tampil maksimal bila bermain di negara sendiri, tapi jika event sudah berpindah tempat ke luar negeri kita selalu kesulitan mengulangi sukses di dalam negeri.
Contoh lain adalah dalam pertandingan olahraga, sepakbola misalnya, sering kali kita berharap sepakbola Indonesia bisa berbicara banyak di dunia internasional. Namun impian itu sepertinya masih jauh untuk terealisasi, tim sepakbola Indonesia memang selalu tampil hebat saat bermain di hadapan suporter sendiri. Namun kita selalu kesulitan jika harus bertanding di 'rumah orang', tekanan dari suporter tim lain masih menjadi 'hantu' yg menghalangi kita berprestasi lebih jauh yaitu level dunia.
Jadi, bila kita ingin melihat generasi emas olahraga atau bidang lain yg lebih kuat dan lebih berkualitas, hal kecil yg penting harus dibenahi adalah masalah mental juara dan mental berprestasi kita. Apabila bangsa ini telah memiliki mental seorang juara, bukan tidak mungkin kita akan menjadi bangsa yg disegani di segala bidang. #MajulahIndonesia #IndonesiaBisa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar