Selasa, 24 September 2013

Indonesia Buka Puasa

Siapa yang tidak merasa lega dan bahagia merasakan nikmatnya berbuka puasa, mungkin itu juga lah yang sedang dirasakan seluruh pecinta bola Indonesia. Ya, kita baru saja menuntaskan dahaga gelar bergengsi di tingkat internasional setelah terakhir kali merasakan indahnya juara pada ajang sepakbola internasional resmi Sea Games 1991 di Manila, Philipina. Lama juga ya..
Adalah AFF Cup Under-19 yang menjadi trophy resmi yang semoga menjadi trophy pertama pembuka gelar juara lain untuk segera menyusul masuk ke lemari piala Federasi Sepakbola Indonesia yang tentunya sangat ditunggu kedatangannya.

Begini ceritanya..
Indonesia yang berada di Grup B satu grup bersama Brunei, Myanmar, Vietnam, Malaysia dan Thailand. Mengawali turnamen dengan cukup percaya diri, Pasukan Muda Garuda berhasil menggilas Brunei 5-0 di pertandingan pertama yang berlangsung di Gelora Delta Sidoarjo. Di pertandingan kedua mereka berhasil mengalahkan Myanmar dengan skor tipis 2-1. Sebelum dikalahkan oleh Vietnam 1-2 di pertandingan ke-3. Dua hari berselang mereka berhasil bangkit dan mengalahkan Thailand 3-1, lewat hattrick dari kapten Evan Dimas Darmono. Di laga penentuan grup, mereka bersua tim negara tetangga, Malaysia. Sempat kesulitan dan tertinggal terlebih dulu, Indonesia mendapatkan gol penyama kedudukan untuk lolos ke semifinal. Di semifinal, Indonesia berjumpa "kawan lama" Timor Leste, mendominasi 90 menit pertandingan berlangsung Timnas Indonesia berhasil taklukan Timor Leste 2 gol tanpa balas. Lalu masuklah kita ke babak final dan kembali bertemu Vietnam yang mengalahkan kita di babak penyisihan grup. Pertandingan berlangsung seru dan sedikit keras karena pemain kita ternyata cukup kewalahan dengan gaya bermain lawan yang mengandalkan umpan pendek cepat, sedangkan kita hanya bisa menyerang dengan memanfaatkan serangan balik lewat winger-winger kita yang memiliki kecepatan. Sampai akhir 90 menit kedua tim masih berbagi angka 0-0, pertandingan pun dilanjutkan dengan adu penalti setelah babak tambahan 2x15 menit belum juga mendapatkan pemenang. Di adu penalti ini, kiper Indonesia Ravi Murdianto tampil gemilang dengan menggagalkan 2 tendangan pemain Vietnam, sebelum akhirnya Ilham Udin Armaiyn menjadi eksekutor penentu kemenangan istimewa Tim Nasional U-19 untuk pertama kalinya dalam kejuaraan bergengsi di Asia Tenggara ini.

Istimewa, mengapa saya sebut istimewa? Tidak berlebihan juga rasanya mengatakan itu melihat "penutup" musim kemarau piala kita dipersembahkan oleh bocah-bocah hebat, anak-anak muda harapan bangsa, Timnas U-19. Muda dan berbahaya..
Selain karena punggawa Tim Nasional yang masih berusia muda, hal istimewa lain dari "buka puasa" ini adalah ditentukan lewat adu penalti, kita punya cukup banyak "nyaris" di adu penalti ini. Di 1976 kita nyaris masuk Olimpiade di Kanada setelah kalah adu penalti dari Korea Utara, yang terbaru Timnas U-23 kita nyaris juara karena kalah dari Malaysia di Sea Games 2011 dan Timnas U-16 yang juga nyaris juara di AFF Cup U-16 di 2013. Meskipun tidak lama setelahnya akhirnya Evan Dimas dan kawan-kawan berhasil membuat sejarah baru dan menjuarai turnamen lewat adu penalti. Selamat..

Yang berlalu biarlah berlalu, satu yang pasti adalah Timnas Sepakbola Indonesia sudah berhasil memutus kutukan selalu jadi yang kedua disetiap kejuaraan. Dan semoga prestasi ini tidak hanya dipertahankan, tapi juga berhasil dilanjutkan di turnamen internasional lainnya. Bukan tidak mungkin, asalkan Garuda Muda ini terus dilatih dan diasah menjadi lebih baik, saya yakin pasti kita bisa.
Terima Kasih Garuda Muda. Bravo Sepakbola Indonesia!

Berikut adalah Skuad Timnas Indonesia di AFF Cup U-19 2013:
  1. RAVI MURDIANTO (GK) - Perserang Serang
  2. RULLY DESRIAN (GK) - PPLP Padang
  3. PUTU GEDE JUNI ANTARA (CB/RB) - Diklat Ragunan
  4. HANSAMU YAMA PRANATA (CB) - SAD/Deportivo Indonesia
  5. MUHAMAD SAHRUL KURNIAWAN (CB) - Persinga Ngawi
  6. FEBLY GUSHENDRA (CB) - Diklat Ragunan
  7. MUHAMMAD FATCHU ROCHMAN (LB) - Persekap Pasuruan
  8. DIMAS SUMANTRI (RB) - PSDS Deli Serdang
  9. MAHDI FAHRI ALBAAR (LB) - SAD/Deportivo Indonesia
  10. M. HARGIANTO (DM) - Diklat Ragunan
  11. ZULFIANDI (DM) - PSSB Bireuen
  12. HENDRA SANDI GUNAWAN (CM) - Persiraja Banda Aceh
  13. ALQOMAR TEHUPELASURY (CM) - Nusa Ina
  14. EVAN DIMAS DARMONO (CM) - Persebaya
  15. PAULO OKTAVIANUS SITANGGANG (CM) - Jember United
  16. ILHAM UDIN ARMAIYN (WINGER) - Diklat Ragunan
  17. MALDINI (WINGER) - SAD/Deportivo Indonesia
  18. MUHAMMAD DIMAS DRAJAD (STRIKER) - Gresik United U-21
  19. MUCHLIS HADI NING SYAIFULLOH (STRIKER) Persekap Pasuruan
  20. DINAN YAHDIAN JAVIER (STRIKER) - SAD/Deportivo Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar