Selasa, 16 Juni 2015

Sosok Yang Patut Diteladani


Ir. Soekarno; politisi & mantan presiden Indonesia
Dr.(HC) Ir. H. Soekarno (ER, EYD: Sukarno, nama lahir: Koesno Sosrodihardjo) (lahir di Surabaya, Jawa Timur, 6 Juni 1901 – meninggal di Jakarta, 21 Juni 1970 pada umur 69 tahun) adalah Presiden Indonesia pertama yang menjabat pada periode 1945–1966. Ia memainkan peranan penting dalam memerdekakan bangsa Indonesia dari penjajahan Belanda. Ia adalah Proklamator Kemerdekaan Indonesia (bersama dengan Mohammad Hatta) yang terjadi pada tanggal 17 Agustus 1945. Soekarno adalah yang pertama kali mencetuskan konsep mengenai Pancasila sebagai dasar negara Indonesia dan ia sendiri yang menamainya.
Sosok pemimpin yang patut diteladani menurut saya adalah presiden pertama kita Ir. Soekarno. Hal yang patut diteladani dari sosok Bung Karno salah satunya dalam hal keberanian. Selain keberanian dan kegigihannya melawan penjajah yang menyebabkan Indonesia dapat merdeka, Bung Karno juga mengajarkan kepada kita dengan semangat nasionalismenya bahwa negara kita ini adalah bangsa yang besar dan kita tidak sepantasnya untuk takut apalagi tunduk kepada negara lain. Seperti pada salah satu pidatonya yang mungkin pernah kita dengar penggalan kalimatnya “Kita bangsa besar, kita bukan bangsa tempe. Kita tidak akan mengemis, kita tidak akan minta-minta apalagi jika bantuan-bantuan itu diembel-embeli dengan syarat ini syarat itu ! Lebih baik makan gaplek tetapi merdeka, dari pada makan bestik tetapi budak”. [Pidato HUT Proklamasi, 1963]
Memang pada saat beliau masih menjabat sebagai presiden saya masih belum lahir dan tidak merasakan langsung bagaimana rasanya dipimpin oleh beliau. Tapi dari beberapa tulisan atau artikel yang menjelaskan tentang sosok Soekarno menurut saya Bung Karno adalah pemimpin yang besar dan berani, tidak hanya disegani oleh bangsanya tetapi juga oleh pemimpin dari negara lain, beliau tidak pernah takut kepada setiap pemimpin negara lain justru dari kebanyakan artikel yang pernah saya pernah baca dan dari foto-foto yang ada terlihat Soekarno tidak jarang menemui pemimpin-pemimpin besar dunia, seperti mengusulkan dibuatnya beberapa kebijakan penting, salah satunya adalah Konferensi Asia Afrika yang memerdekakan beberapa negara Afrika pada masa itu, negara seperti Mesir, Maroko, dan Pakistan pun mengabadikan nama Soekarno sebagai nama jalan di salah satu kota mereka. Nama besar Soekarno juga dikenal dan disegani oleh negara pecahan Sovyet seperti Uzbekistan karena jasanya yang pernah meminta petinggi Partai Komunis untuk mencari makam Imam Bukhari yang kemudian ditemukan di Samarkand, Uzbekistan. Dan sampai sekarang jika kita orang Indonesia datang ke makam Imam Bukhari tersebut maka akan disambut dan dipersilahkan berziarah, padahal makam itu tidak dibuka untuk umum.
Sosok pemimpin seperti beliau menurut saya paling patut diteladani oleh rakyat, pemimpin atau calon pemimpin Indonesia, pemimpin yang berani dan tidak takut oleh negara lain, karena mental seperti beliau yang berani dan disegani bangsa lain sudah jarang atau bahkan sulit ditemui di negara ini, padahal Indonesia masih butuh pemimpin seperti itu untuk bisa kembali disegani di mata dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar