Selasa, 25 Oktober 2011

Interaksi Sosial dalam Lingkup Umum

Interaksi sosial dalam kehidupan bermasyarakat sangatlah penting dilakukan, interaksi sosial diciptakan agar sebuah lingkungan tidak terasa kaku dan monoton. Dalam sebuah lingkungan, dimana ada kegiatan pasti disana ada interaksi sosial antar individunya.
Menurut pendapat saya, yg dinamakan Interaksi sosial adalah hubungan sosial dimana ada komunikasi antar individu yg dilakukan dengan tujuan menciptakan suasana baru yg lebih hidup.
Sebuah hubungan sosial dapat dikatakan sebuah interaksi apabila disana terdapat seorang individu dan individu atau kelompok lain yg bisa dijadikan sarana menyalurkan aspirasi dan menyampaikan gagasan, selain itu juga dibutuhkan adanya topik pembicaraan agar interaksi sosial dapat berjalan dan tidak monoton.
Jenis-jenis interaksi sosial misalnya, interaksi antara individu dengan individu lainnya, antara individu dengan suatu kelompok, dan antara kelompok dengan kelompok lainnya.
Interaksi antara  individu dengan individu lain misalnya interaksi antara seorang adik dan seorang kakak di dalam sebuah keluarga. Interaksi antara individu dengan kelompok misalnya interaksi seorang individu yg aktif dalam kegiatan dengan sebuah kelompok seperti perkumpulan atau organisasi. Sedangkan hubungan antara kelompok dengan kelompok lain misalnya interaksi yg terjadi antar dua kelompok atau lebih.
Interaksi sosial biasa kita lihat ada di sekitar kita, seperti hubungan komunikasi antar anggota keluarga. Dalam keluarga kita dapat menerapkan sebuah interaksi sehingga lingkungan dalam keluarga terasa lebih berwarna dan tidak terkesan membosankan. Interaksi sosial lain yg lebih luas misalnya interaksi sosial di lingkungan sekolah, di sekolah kita pasti akan berinteraksi dengan semua teman yg ada di lingkungan sekolah. Interaksi sosial antar kelompok seperti yg terjadi pada OSIS sebuah sekolah dengan OSIS sekolah lainnya yg bekerja sama dalam mengadakan sebuah kegiatan sosial.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar