Kamis, 01 Januari 2015

Apa itu Sister City?

Asal mula Sister City
Kota kembar atau kerjasama antar kota ini sudah lama terjadi. Kota Paderborn di Jerman dan Le Mans di Prancis disebut-sebut sebagai kerjasama tertua (meski tidak ada data resmi) yang dimulai di tahun 836. 
Perjanjian kota kembar lain di Eropa dan Amerika Serikat banyak mulai terjadi di awal 1900an, namun baru setelah akhir Perang Dunia kedua, lebih menjamur lagi.
Kemitraan antara kota dengan budaya berbeda, dan khususnya dengan yang dulu pernah bermusuhan, dimaksudkan untuk mempromosikan persahabatan, saling pengertian, dan perujukan kembali.

Bagaimana menentukan Sister City suatu kota?
Ada berbagai organisasi di beberapa negara yang membantu dan mendukung program kota kembar, namun kota bisa mencari kerjasama dengan cara mereka sendiri-sendiri. Bisa dimulai dari atas, dimana pejabat kedua kota bertemu, menjalin persahabatan, dan kemudian berlanjut.
Inisiatif juga bisa dimulai dari organisasi kemasyarakatan di berbagai negara seperti misalnya YMCA, Rotary Club, Universitas atau sekolah, yang menemukan kesamaan dan meminta kota mereka menjalin kerjasama.
Bisnis dan hubungan budaya juga bisa menjadi langkah awal menuju hubungan resmi.

Berapa banyak kota yang dapat dijadikan Sister City oleh sebuah kota?
Memang tidak ada daftar resmi mengenai jumlah kota kembar di dunia, dan kota mana saja yang menjalin kerjasama semacam ini. Namun kota kembar yang dijalin sebuah kota berbeda-beda. Kota Shanghai di China memiliki 67 kota kembar, Kuala Lumpur 16 sementara Sydney hanya enam.

Referensi:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar