Kamis, 01 Januari 2015

Tahap-Tahap Mendapatkan Lisensi Kepelatihan



Untuk menjadi pelatih sepakbola bukanlah sebuah hal yang mudah, dibutuhkan kursus kepelatihan berkala dan cukup panjang. Untuk mendapatkan hanya lisensi A AFC pun tidak mudah. Banyak prosedur yang harus diikuti sejak awal. Normalnya, dari lisensi D sampai dengan A saja membutuhkan waktu hingga 8 tahun. Berikut ini adalah empat (4) tahap menentukan dalam proses lisensi untuk menjadi seorang pelatih:

LISENSI D
Inilah tahap paling awal untuk mendapatkan lisensi kepelatihan. Lisensi ini bisa didapatkan di level Pengcab atau Pengprov PSSI. Lama kursus kepelatihan sekitar 5-14 hari. Lisensi D bisa digunakan untuk melatih klub-klub amatir atau divisi yang rendah. Kursus pelatihan untuk lisensi ini lebih menekankan pada pembinaan usia muda di bawah 13 tahun. Syarat-syaratnya adalah usia minimal 18 tahun dan memiliki ijazah SMA.

LISENSI C
Sering disebut sebagai jembatan untuk menuju tahap pelatih professional karena sudah mengarah pada pembinaan usia muda yang berada di kisaran umur 13-17 tahun. Karena itu, penyelenggara lisensi ini hanya Pengprov PSSI yang bekerja sama dengan PSSI Pusat. Pemilik lisensi C bisa menangani klub-klub amatir, bisa di Divisi III, II, dan I. bisa juga menjadi asisten pelatih di klub-klub professional. Syarat-syaratnya adalah usia minimal 21 tahun, memiliki ijazah SMA, memiliki lisensi D (aktif melatih selama 2 tahun di klub yang diakui legalitasnya).

LISENSI B Nasional/Internasional
Penentu untuk terjun ke strata professional. Di lisensi ini sudah ditekankan pada taktik dan strategi. Manajerial tim juga sudah diperkenalkan walaupun belum mendalam. Lisensi B bisa didapatakn dengan dua cara. Lisensi B Nasional yang diselenggarakan PSSI atau Lisensi B Internasional yang diselenggarakan AFC. Syarat-syaratnya adalah usia minimal 21 tahun, memiliki ijazah SMA, memiliki lisensi C (aktif melatih selama 2 tahun di klub yang diakui legalitasnya).

LISENSI A Nasional/Internasional
Proses terakhir untuk terjun ke sepakbola professional. Di lisensi ini telah dikenalkan banyak hal soal pengelolaan tim secara keseluruhan, tak melulu terkait taktik dan strategi. Sama dengan lisensi B, penyelenggara lisensi A bisa PSSI atau ADC. Untuk AFC, sertifikasi kelulusannya di sebut A AFC. Mulai musim depan, pelatih kasta tertinggi harus mengantongi A AFC. Syarat-syaratnya adalah usia minimal 21 tahun, memiliki ijazah SMA, memiliki lisensi B (aktif melatih selama 2 tahun di klub yang diakui legalitasnya).

Referensi:
http://www.my-sepakbola.com 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar