Selasa, 30 Desember 2014

Strategi Mendapatkan Proyek Melalui Tender



Menghitung harga tender agar dapat memenangkan lelang serta mendapatkan kontrak pekerjaan memang sebuah teka-teki yang harus terpecahkan. Banyaknya peserta tender yang ikut berjuang agar menjadi pemenang membuat kita perlu melakukan cara dan inovasi terbaik agar bisa menang tender. berbagai macam persaingan muncul dalam proses pelaksanaan tender namun hendaknya kita tetap menggunakan cara yang baik dan halal. Panitia lelang pengadaan barang dan jasa akan memilih perusahaan entah itu arsitek atau kontraktor yang memenuhi persyaratan tender. Dan berikut ini adalah beberapa cara dan strategi agar bisa memenangi tender:

  1. Harus mengetahui dan menyelidiki harga peserta tender lainya yang menjadi pesaing kita dalam memenangkan lelang proyek
  2. Mengurangi harga penawaran dengan cara membuat metode kerja yang cocok untuk digunakan, efisien serta efektif sehingga didapatkan harga`penawaran yang lebih murah namun tetap menghasilkan pekerjaan dengan kualitas maksimal.
  3. Mencari dan menjalin hubungan baik dengan penyedia atau supplier material serta peralatan kerja yang baik dan professional dibidangnya sehingga didapatkan produk dengan harga murah dan berkualitas.
  4. Mencari, merangkul dan mempunyai tenaga kerja professional untuk estimator perkiraan harga tender dan tenag kerja yang bagus untuk melaksanakan proyek, berbagai upaya harus dilakukan sehingga semua tenaga kerja dapat bekerja dengan semangat dan maksimal.
  5. Menghitung dan mengatur cash flow proyek sedemikian rupa dengan berbagai tips dan inovasi yang mungkin dilakukan sehingga biaya-biaya yang timbul dapat diminimalisasi, pekerjaan dapat berjalan lancar serta target laba dapat tercapai.
  6. Mempunyai pengalaman yang cukup sehingga dapat menghitung harga tender dengan biaya sebesar mungkin namun masih dalam batas kewajaran, harga tidak melebihi perkiraan harga pemilik proyek serta harga tender yang diajukan adalah termurah dari seluruh peserta tender proyek.
  7. Perhitungan harga juga harus dilakukan antisipasi perubahan biaya proyek selama periode tertentu selama pelaksanaan kontrak pekerjaan pembangunan sehingga tidak terpengaruh dengan berbagai kondisi yang mungkin terjadi seperti krisis moneter atau gejolak politik.
  8. Dan berbagai tips tender lainya yang dapat dilakukan sebagai strategi untuk memenangkan tender proyek

Adapula contoh penulisan proposal yang dapat digunakan adalah sebagai berikut:


Ref : ……/11111/11/11


Kepada Yth                                                                                                                        Jakarta, 28 oktober 2011

PT Pemilik proyek

Jakarta


Up   :          Bapak pemilik proyek

Hal                               : Penawaran harga pengadaan dan pemasangan Granit Alam.


Bersama ini kami kirimkan penawaran harga untuk Proyek Kantor,Jakarta sebagai berikut :


Harga Material                                    Rp.  441.847.000,-

Harga Pasang lantai                               Rp   277.732.400,-

Harga sudah termasuk  :

Untuk lantai berikut Ongkos potong, semen ,pasir, grouting, coating, polesh,proteksi

Untuk wastafel berikut bullnose, doubelan, lubang wastafel, semen , pasir, grouting, coating, polesh.

Harga belum termasuk :

Ppn 10%

Scaffolding, bobokan , air kerja, listrik kerja, allomax .

Preman, kuli, pungli dan yang diluar koridor pekerjaan


Demikian penawarn harga kami. Atas kesempatannya kami ucapkan terima kasih.


Hormat kami,


Penawar

jabatan / perusahaan


No telp


Catatan pada surat penawaran proyek ini menyesuaikan perjanjian kontrak kerja dan dan spesifikasi item pekerjaan yang di tawar, catatan diatas hanya sebagai contoh saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar