Minggu, 11 Maret 2012

Reog Ponorogo Kesenian Tradisi Indonesia

Sebagai warga Indonesia, kita pasti mengenal seluruh kebudayaan asli milik bangsa tercinta. Dari Sabang sampai Merauke memiliki beragam adat dan budaya yang sangat menarik dan patut untuk dilestarikan. Kebudayaan Indonesia termasuk budaya yang paling diminati dan digemari oleh wisatawan asing di dunia. Dan salah satu budaya warisan leluhur adalah Reog Ponorogo.
Reog adalah salah satu kesenian budaya yang berasal dari Jawa Timur bagian barat-laut dan Ponorogo dianggap sebagai kota asal Reog yang sebenarnya. Reog adalah salah satu budaya daerah di Indonesia yang masih sangat kental dengan hal-hal yang berbau mistik dan ilmu kebatinan yang kuat. Konon, keberadaan Reog di Indonesia sudah ada sejak jaman kerajaan Majapahit, di jaman itu reog sering dipakai dalam upacara atau pesta kerajaan bersama dengan tarian kuda lumping. Wujud Reog yang seram dengan wajah Harimau yang memiliki latar bulu merak yang lebar dan besar membuat Reog diidentikan dengan pengusir makhluk halus pada awal keberadaannya. Namun di jaman yang mulai modern dan maju, Reog pun berkembang menjadi kesenian untuk hiburan dan tidak lagi ditafsirkan sebagai hal yang berbau mistis, meskipun masih ada beberapa masyarakat yang masih percaya bahwa Reog identik dengan makhluk gaib.
Kesenian Reog Ponorogo pernah menjadi kontroversi saat negeri jiran Malaysia mengklaim bahwa Reog adalah budaya bangsa mereka. Sejak saat itu kesenian Reog pun semakin populer di dalam dan luar negeri, dan mulai di patenkan sebagai warisan budaya dunia milik Indonesia bersama alat musik angklung yang juga pernah diklaim Malaysia.
Apapun cerita dibalik keberadaan Reog Ponorogo, ini adalah kebudayaan yang perlu kita lestarikan agar tidak hilang atau bahkan "dicuri" oleh bangsa lain akibat kurang perhatiannya kita sebagai bangsa Indonesia memperhatikan kebudayaan lokal yang sangat bersejarah dan tidak ternilai harganya.

http://gunadarma.ac.id/ 

2 komentar:

  1. kawan, karena kita sudah mulai memasuki mata kuliah softskill akan lebih baik jika blog ini disisipkan link Universitas Gunadarma yaitu www.gunadarma.ac.id yang merupakan identitas kita sebagai mahasiswa di Universitas Gunadarma juga sebagai salah satu kriteria penilaian mata kuliah soft skill.. terima kasih :)

    BalasHapus