Rabu, 21 Maret 2012

Solusi, bukan Aksi

Aksi anarkis sepertinya sudah menjadi budaya baru dalam kehidupan masyarakat Indonesia. Aksi massa yang menginginkan adanya perubahan atau menuntut hak-hak mereka yang hilang menjadi pemandangan yang tidak aneh di media sosial.
Aksi massa, unjuk rasa, atau demonstrasi sebenarnya adalah suatu yang wajar dalam kehidupan bernegara, kegiatan menyalurkan aspirasi rakyat kepada pemerintahnya tersebut memang telah diatur dalam Undang-Undang Negara Indonesia. Tetapi yang menjadi masalah adalah saat ini kegiatan-kegiatan tersebut tidak jarang diakhiri dengan aksi anarkis oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab dan justru merusak nilai demokrasi.
Sebagai negara demokrasi, seharusnya masyarakat dan pemerintah di Indonesia dapat bekerjasama membangun dan memajukan negara ini. Tapi yang terjadi justru masyarakat dan pemerintah seperti bumi dan langit yang hampir sulit bersatu. Semakin menghilangnya kepercayaan masyarakat terhadap pemerintahnya menambah kesenjangan jarak diantara dua elemen penting dalam sebuah negara demokrasi tersebut. Padahal jika masyarakat dan pemerintah dapat bersatu, bukan tidak mungkin negara Indonesia menjadi negara yang hebat dan maju di masa yang akan datang.
Pola pikir masyarakat yang belum dewasa dan perilaku pemerintah yang belum bisa memahami keinginan rakyat menjadi salah satu faktor sulit disatukannya kedua bagian yang terpisah ini. Sebagai masyarakat yang dewasa seharusnya kita dapat lebih bijak dalam menyikapi dan menyelesaikan masalah yang ada dalam masyarakat.
Salah satu yang dibutuhkan negara saat ini adalah solusi untuk mengurai masalah yang dihadapi negara. Dan solusi terbaik dari semua masalah ini adalah harus lebih peduli dan lebih pekanya pemerintah pada kehendak rakyatnya daripada mementingkan kepentingan kelompoknya masing-masing, dan sebagai masyarakat seharusnya dapat lebih berperan membantu mencarikan solusi untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi negara. Bayangkan bila kita dapat bersatu saling melengkapi kekurangan satu sama lain, mungkin kesulitan dan keruwetan dalam negara dapat berkurang dan terselesaikan sedikit demi sedikit. Karena sebanyak apapun aksi yang dilakukan akan berakhir tanpa hasil bila dilakukan tanpa disertai dengan menyumbangkan beberapa solusi.

"Sebuah bangsa akan besar bila bersatu, tapi sebaliknya sebuah bangsa akan hancur bila masyarakatnya bercerai berai".

www.gunadarma.ac.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar