Senin, 29 Desember 2014

My 2014 Dream Team

Manchester (bukan United) juara BPL, Juventus di Serie A, Bayern Munich juara lagi di Bundesliga, Atletico Madrid juara La Liga, tetangganya Real Madrid dapat La Decima di UCL, dan Jerman juara Piala Dunia adalah beberapa hasil dari turnamen-turnamen sepakbola dunia yang terjadi selama tahun 2014.
Berdasarkan performa individu-individu yang berlaga setahun itu, berikut ini adalah tim impian musim 2013-2014 saya:

1. Manuel Neuer
Tembok besar dari Jerman, kuat, cepat, sigap, lugas, tanpa kompromi, kiper ideal untuk sepakbola modern. Dengan penampilan konsistennya Neuer berhasil membawa Bayern Munich juara Bundesliga dan mengantarkan negaranya jadi yang nomor satu di dunia. Bahkan, berkat performanya itu Neuer masuk dalam 3 besar calon pemain terbaik FIFA.

2. Pablo Zabaleta
Bermain sebagai full-back bukanlah tugas mudah. Dibutuhkan skill bertahan dan menyerang sama bagusnya membutuhkan stamina dan mental yang cukup. Terlepas dari gagalnya Argentina menjadi juara dunia, pemain 29 tahun milik klub (baru) besar Manchester yang menjuarai BPL musim ini membuktikan bahwa dirinya merupakan salah satu full-back kanan terbaik saat ini.

3. Thiago Silva
Nyaris sempurna dalam bertahan tapi juga punya insting gol saat naik membantu serangan. Kapten timnas Brazil menjadi kunci sukses PSG dan sosok krusial di Selecao. Duetnya yang solid bersama David Luiz yang juga menjadi rekan satu timnya di Prancis mungkin merupakan twin tower impian setiap pelatih.

4. David Luiz
Defender yang memiliki kecepatan cukup baik, pandai menutup dan membaca pergerakan lawan. Tendangan pemain ini juga mengingatkan saya pada sosok Roberto Carlos, sangat keras dengan akurasi bola yang baik, sangat jarang dimiliki seorang defender.

5. Marcos Rojo
Di plot sebagai bek kiri di Argentina tidak mengurangi kualitas penampilannya selama piala dunia, bahkan Rojo jadi pemain yang cukup menonjol di lini belakang Tim Tango. Memiliki tubuh besar, tapi tidak lambat dan cepat dalam mengambil keputusan adalah nilai lebih pemain Manchester United ini.

6. Eden Hazard
Menjadi bagian dari "generasi emas" yang membawa Belgia kembali ke piala dunia. Dengan performa yang cukup menonjol di Chelsea, pemain muda Eropa dengan gaya bermain Latin ini diprediksi memiliki masa depan cerah dan akan menjadi bintang masa depan.

7. Mario Gotze
Satu lagi calon bintang, kali ini pemain Bayern Munich dan timnas Jerman yang dijuluki Gotzinho, pemain ini memang kurang mendapat menit bermain yang terlalu banyak tetapi setiap ia diturunkan selalu menunjukkan totalisan yang akhirnya beberapa kali berakhir dengan gol-gol penting, termasuk penentu gelar juara dunia keempat bagi Der Panzer.

8. Toni Kroos
Gelandang dengan tenaga besar dengan visi bermain kelas dunia. Distribusi bola sangat baik serta memiliki tendangan jarak jauh yang akurat. Real Madrid pun tidak ragu mengangkut pemain 24 tahun ini ke Santiago Bernabeu.

9. Philipp Lahm
Diposisikan sebagai gelandang bertahan oleh Pep Guardiola di Bayern justru membuat Lahm terlihat semakin berpengaruh dalam tim. Meskipun di Jerman ia dikembalikan ke posisi aslinya yaitu bek kanan, tapi perannya menjaga keseimbangan lini tengah rasanya lebih dibutuhkan mengingat usianya yang tidak muda lagi untuk bermain sebagai full-back.

10. Cristiano Ronaldo
Bukan hanya karena berhasil mengantarkan Real Madrid mendapatkan gelar ke 10 di eropa. Ronaldo adalah pemain dengan fisik luar biasa, bahkan dengan kekuatan fisiknya ia berhasil membawa Portugal ke piala dunia "sendirian". Tak heran jika Ancelotti lebih memilih menggesernya dari seorang winger menjadi striker. Ya, striker yang sulit dihentikan.

11. Thomas Muller
Memiliki positioning, shooting, heading, dan dapat memanfaatkan peluang sekecil apapun menjadikan Muller sebagai striker klasik di era sepakbola modern. Tipikal striker sejati, dengan gerakan minimal bisa menciptakan hasil akhir maksimal. Tak heran jika klub dan tim yang dibelanya panen trophy di tahun 2014.

Demikian 11 pemain yang menurut saya pantas menjadi Dream Team di tahun 2014. Sekali lagi, itu semua hanya menurut saya. Setiap orang punya selera dan kriteria dalam menentukan dream team kan? This is mine, Build your own!

Terima Kasih 2014.. Selamat Datang 2015.. Salam Olahraga!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar