Rabu, 09 November 2011

Hubungan Interaksi Sosial dengan TIK


Interaksi sosial adalah hubungan sosial dimana ada komunikasi antar individu yg dilakukan dengan tujuan menciptakan suasana yang interaktif. Interaksi sosial ini diperlukan oleh semua manusia sebagai makhluk sosial.
Interaksi sosial saling berkaitan dengan berbagai bidang yang ada dalam kehidupan sehari-hari, misalnya hubungan interaksi sosial dengan dunia komputerisasi. Interaksi sosial dapat dihubungkan dengan perkembangan teknologi komputer di masa modern seperti saat ini. Dengan adanya teknologi, manusia dapat lebih mudah melakukan interaksi sosial antar sesama tanpa terkendala waktu, jarak, dan biaya.
Pengaruh teknologi komputer pada berlangsungnya interaksi sosial antara lain dengan banyaknya media-media sosial yang ada di dunia maya seperti blog atau situs-situs yang dapat menambah wawasan dan pengetahuan terkini dengan mudah, selain itu munculnya jejaring sosial yang perkembangannya sangat pesat sangat membantu manusia untuk lebih mudah dan lancar melakukan interaksi sosial bukan hanya antar daerah melainkan bisa juga lintas dunia.
Dengan adanya media-media tersebut kendala dalam melakukan interaksi sosial dapat diminimalisir bahkan dihilangkan, mungkin jika dulu dengan surat kita terkendala waktu yang diperlukan untuk mengirim dan  membalas surat, atau yang lebih modern dengan telepon, tapi  telepon juga terkendala jarak, karena jangkauan yang dicapai oleh sinyal telepon terbatas dan bergantung pada cuaca, selain itu semakin jauh jarak yang dituju maka biaya yang dibutuhkan akan semakin besar bila menggunakan telepon.
Jadi, tidak ada alasan bagi kita untuk tidak bisa melakukan interaksi sosial di tengah zaman yang serba modern ini. Adanya hubungan antara interaksi sosial dengan TIK seharusnya akan semakin menambah rasa persatuan dan saling peduli antar sesama manusia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar