Minggu, 20 November 2011

Moral Bangsa Menunjukkan Karakter Sosial

Karakter sosial sebuah bangsa tercermin dari perilaku dan moral bangsa tersebut. Moral yang baik mencerminkan karakter sosial yang baik pula begitu pula sebaliknya. Sebagai masyarakat yang berpendidikan dan berbangsa yang baik kita pasti mengetahui mana yang patut dicontoh dan mana yang tidak.
Salah satu tindakan bodoh yang tidak patut dibudayakan adalah tindak anarki, belakangan ini masyarakat kita terlalu mudah tersulut emosinya hanya karena masalah yang kadang sepele, padahal tindakan semacam ini dapat merugikan karena dapat mencoreng citra bangsa di mata dunia. Sebagai warga negara yang baik seharusnya kita turut menjaga nama baik bangsa bukan merusaknya dengan tangan kita sendiri. Karakter buruk yang ditimbulkan bukan hanya merugikan diri sendiri tapi merusak citra seluruh bangsa Indonesia.
Yang harus kita lakukan untuk mengatasi hal ini adalah berpikir dewasa dengan pikiran yang dingin, bukan melawan dengan mengandalkan emosi. Karena seperti pepatah bila batu dilawan dengan batu maka tidak akan selesai semua masalah tapi justru akan menimbulkan masalah baru. Karena dengan budaya anarki negara ini tidak akan pernah maju.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar