Rabu, 23 November 2011

Masalah Sosial di Masyarakat

Masalah sosial dapat diartikan sebagai ketidaksesuaian kehidupan bermasyarakat dengan budayanya sehingga dapat membawa dampak kurang baik dalam kelompok masyarakat tersebut.
Faktor penyebab timbulnya masalah sosial antara lain adalah pergaulan yang salah, ekonomi yang bermasalah, atau masalah dalam keluarga.
Pergaulan adalah lingkungan terdekat sekaligus paling luas dan sering tidak disadari pengaruhnya, padahal pergaulan yang salah adalah penyebab utama terjadinya beberapa kasus masalah sosial.
Faktor lainnya adalah faktor ekonomi, masalah sosial juga tidak lepas dari pengaruh ekonomi, tidak memiliki pekerjaan dan kurangnya pendapatan dapat mendorong seseorang untuk menghalalkan segala cara untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Ditambah kurangnya perhatian pemerintah kepada masyarakat kurang mampu tersebut.
Dan Keluarga, keluarga adalah salah satu pelindung, pendidik serta pembentuk karakter seseorang. Lingkungan keluarga yang harmonis dan intelek pasti menciptakan suasana yang kondusif dan penuh kenyamanan. Begitu pula sebaliknya, jika keluarga sudah tidak memberi kenyamanan, bukan tidak mungkin akan menghasilkan suasana yang kurang kondusif dan akhirnya membawa dampak negatif dalam kehidupan sosial seseorang.
Dari faktor-faktor tersebut kita dapat menyimpulkan bahwa masalah sosial dapat dicegah dan dapat diantisipasi bila kita pintar memilih dan menciptakan situasi harmonis dalam melakukan interaksi sosial.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar