Minggu, 27 November 2011

Kemajuan Teknologi Mengancam Interaksi Sosial

Perkembangan teknologi di era modern seperti ini, tuntutan zaman memaksa manusia berpikir jauh lebih maju untuk menemukan inovasi baru dalam dunia teknologi khususnya gadget. Namun, kemajuan teknologi tersebut tanpa disadari membawa dampak kurang baik dalam kehidupan sosial manusia.
Kecanggihan alat alat komunikasi di era modern ini mempermudah manusia untuk berinteraksi antara satu sama lain tanpa terkendala dimanapun, kapanpun, dan dalam situasi apapun.
Manusia modern seperti saat ini lebih banyak menghabiskan waktu dengan alat komunikasi atau gadget yang dimilikinya. Tak peduli tempat dan waktu gadget selalu menemani mereka kemana mereka pergi. Tentunya hal ini mengurangi interaksi sosial dalam lingkungan masyarakat. Dampak ini sebenarnya kurang negatif, karena sifat alami manusia yang adalah makhluk sosial, bukan tidak mungkin di zaman yang akan datang komunikasi antar sesama akan hilang seiring semakin canggihnya dunia teknologi komunikasi.
Kemajuan teknologi memang perlu, tapi sebaiknya disikapi dengan wajar dan sesuai kebutuhan. Jangan sampai adanya kemajuan teknologi justru menghilangkan intreraksi sosial antar sesama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar