Rabu, 09 November 2011

Pengaruh Sosial dalam Budaya dan Perilaku


Pengaruh sosial adalah dampak yang diakibatkan dari berbaurnya satu budaya sosial dengan budaya sosial lain, sehingga menciptakan budaya campuran yang merupakan gabungan beberapa budaya tersebut tanpa menghilangkan budaya aslinya.
Pengaruh sosial biasa terjadi di lingkungan masyarakat luas, pengaruh sosial tersebut ada yang bersifat positif namun ada juga yang bersifat negatif. Pengaruh positifnya adalah dapat masuk dan berkembangnya bahasa inggris sebagai bahasa internasional ke kehidupan masyarakat Indonesia sehari-hari. Bahasa Inggris mulai banyak dipelajari dan dijadikan mata pelajaran di hampir seluruh sekolah di Indonesia. Dengan masuknya bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari akan membuat kita semakin mudah dalam berkomunikasi dengan dunia internasional.
Tapi selain dampak positif, ada juga dampak negatif dari akulturasi tersebut, misalnya cara bersikap. Budaya Indonesia dikenal dengan kesopanan dan keramahannya, berbeda dengan budaya luar yang kurang memperhatikan perilaku sopan santun antara orang yang lebih muda kepada orang yang lebih tua, pada budaya asing batas antara orang yang lebih muda dan yang lebih tua sangat tipis, bahkan hampir tidak ada batas antara anak dengan orangtua. Hal ini sangat berbeda dengan budaya kita yang menjunjung tinggi nilai kesopanan antara anak dan orangtua, bila perilaku budaya luar tersebut ditiru pasti akan merusak moral generasi penerus bangsa ini.
Oleh karena itu, pengaruh sosial budaya yang ada ini harus diperhatikan dan harus bisa memilih mana budaya yang sesuai dan yang tidak sesuai dengan tata krama bangsa Indonesia, agar pengaruh yang ditimbulkan akan berakibat positif dan tidak merubah karakter bangsa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar