Rabu, 23 November 2011

Pentingnya Akhlak dalam Kehidupan Sosial

Manusia adalah makhluk yang hidup bergantung pada sesamanya, sehingga karakter dan sifat seseorang adalah cermin bagaimana keadaan sekitarnya.
Lingkungan yang berakhlak akan menciptakan pola pikir dan perilaku yang positif dan berakhlak pula. Oleh karena itu, pendidikan akhlak dalam pendidikan sangatlah penting, karena budaya yang baik adalah budaya yang sesuai dan tidak menyimpang dari akhlak yang baik.
Bila seseorang tidak memiliki akhlak yang baik mah satu penyimpangan sosial yang diakibatkan karena kurang baiknya akhlak seseorang. Dorongan untuk melakukaka sifatnya pun tidak akan baik, dan akan membawa ke perilaku negatif. Korupsi misalnya, tindak korupsi adalah salan korupsi tidak akan muncul bila akhlak seseorang tergolong baik. Karena masalah korupsi adalah dorongan dari dalam diri, jika seseorang menanamkan budaya jujur dalam kehidupannya, maka tidak akan sulit untuk tidak melakukan korupsi.
Pendidikan akhlak yang mulai menghilang dalam kurikulum pendidikan adalah salah satu penyebab banyaknya penyimpangan sosial yang terjadi di Indonesia, padahal pendidikan akhlak sangat penting untuk membangun karakter seseorang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar